BURU, – Desa Wanareja merupakan salah satu Desa yang terpilih untuk mengikuti Lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program PKK Tingkat Provinsi mewakili Kabupaten Buru. Untuk itu dilakukan pendampingan guna mempersiapkan Desa Wanareja mengikuti kegiatan dimaksud. Sabtu (06/08/2022), kegiatan yang dilaksanakan pada pendampingan dibidang perikanan yakni pemberian benih ikan nila untuk kegiatan budidaya ikan. Pendampingan ini dipimpin langsung oleh Ibu Penjabat Bupati Buru sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buru, Ibu drg. Mega Azizah Salampessy.

Selain itu, kegiatan ini juga didampingi oleh Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi dan Pembangunan, Bapak Nawawi Tinggapy, S.Sos., Kepala Dinas Perikanan, Ibu Ufairah Bin Thahir, S.Pi. M.Si., Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bapak Effendy Latif, S.Sos., Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Bapak Hasan Rehalat, SP., Kepala Dinas Kesehatan Ibu Yulianis Rahim, SKM,M.Kes serta Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ibu Oclaila Sulaiman, S.STP bersama Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Buru. Turut mendampingi Kepala Desa Wanareja dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Wanareja. 

Sebagai salah satu program unggulan dari Kelompok Kerja (Pokja III) Tim Penggerak PKK, maka pendampingan dari Dinas Perikanan Kabupaten Buru beserta seluruh pegawai pada Balai Benih Ikan Mako bertujuan untuk membina kader PKK serta masyarakat agar dapat bergerak memanfaatkan halaman pekarangan untuk diolah menjadi media budidaya ikan disamping pemanfaatan pekarangan sebagai kebun gizi keluarga dengan buah dan sayur, apotik hidup dengan tanaman obat tradisional, warung hidup dengan aneka bumbu dan rempah serta tanaman pelindung/tanaman keras. Dengan pemanfaatan lahan pekarangan semaksimal mungkin untuk kegiatan budidaya ikan nila maka  akan menjamin ketersediaan bahan pangan khususnya sumber protein serta dapat meningkatan pendapatan keluarga.

Wanareja (06/08/2022).

(pjk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *