[Namlea, 2022]. Dalam rangka mendukung upaya penurunan stunting di Provinsi Maluku, Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Maluku melaksanakan kegiatan Pelatihan Diversifikasi Olahan Hasil Perikanan dan Safari Gemar Ikan di Gugus Pulau I. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 09 Desember 2022 di Namlea Kabupaten Buru.

Pelatihan DIversifikasi Olahan Hasil Perikanan bertujuan untuk  mendorong peningkatan makan ikan di kalangan masyarakat, , mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, serta diversifikasi olahan bahan pangan ikan. Kegiatan ini diikuti oleh Perwakilan PKK Kabupaten Buru, Majelis Ta’lim Al Islah Namlea, dan 4 Kelompok Pengolah dan Pemasar dari desa Namlea, Ubung, Waprea dan Kaki Air.

Kegiatan Pelatihan ini dibuka Oleh Kepala Bidang Budidaya dan Pengolahan Hasil Perikanan, Bpk. Roy Iwamony, S.Pi. M.Si. mewakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah upaya meningkatkan minat masyarakat untuk mengonsumsi ikan dengan membuat diversifikasi olahan. Selain itu, ikan sangat relevan untuk mendukung pemenuhan gizi dalam rangka penurunan stunting.

Pada kesempatan yang sama, diberikan pula bantuan alat-alat masak kepada peserta peserta pelatihan, dengan harapan bahwa peserta dapat memaksimalkan setiap potensi yang ada untuk mengembangkan diversifikasi olahan hasil perikanan kedepan. Bantuan diberikan langsung oleh Kepala Bidang Budidaya dan P2HP Provinsi Maluku, Sekretaris Dinas Perikanan Kab. Buru dan Kepala-Kepala Bidang di Dinas Perikanan Kab. Buru.  

Pada hari yang sama juga dilaksanakan kegiatan Safari Gemar Ikan dalam bentuk pemberian bantuan kepada 90 anak yang tersebar di beberapa Puskesmas Bantu Kecamatan Namlea dan Lilialy. Penyerahan paket bantuan kepada 90 anak tersebut dilaksanakan di Puskesmas Namlea dan secara simbolis diberikan oleh Kepala Bidang Budidaya dan P2HP Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku (Bpk. Roy Iwamony, S.Pi. M.Si.), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buru, Kepala Bidang PDS Dinas Perikanan Kab. Buru (Bpk. Masruhin Soumena) dan PLH Kepala Puskesmas Namlea (Ibu Farida Mual).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *