Jikumerasa, 22 Februari 2024- Dalam rangka meningkatkan mutu produk hasil perikanan dan mengevaluasi sejauh mana pemanfaatan Pasar Ikan Bersih Jikumerasa Dinas Perikanan Kabupaten Buru melaksanakan Sosialisasi Pembinaan Mutu Produk Hasil Perikanan dan Evaluasi Pemanfaatan Pasar Ikan Bersih.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Penjabat Bupati Buru Dr.H. Djalaludin Salampessy S.,Pi.,SH.,M.,Si tersebut , berlangsung di Baileo Pantai Wisata Baikole desa Jikumerasa Kecamatan Lilialy dan dihadiri oleh peserta sebanyak 50 orang terdiri dari Aparat Desa, BPD, nelayan dan para jibu – jibu atau pemasar ikan.

Turut hadir mendampingi Penjabat Bupati dari jajaran Pemkab Buru antara lain, Asisten I, Inspektur, Kadis Perikanan, Kadis PMD,Kepala BPKAD, Kepala BAPENDA, Kadis Perhubungan, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Kominfo, Camat Lilialy, Babinsa Desa Jikumerasa, Sekretaris Dinas Perikanan, Kabid PDS, Kepala Desa Jikumerasa, Ketua BPD dan staf Dinas Perikanan serta Penyuluh Perikanan Kabupaten Buru.

Mengawali laporannya Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buru Ufairah Bin Thahir S.,Pi.,M.,Si mengatakan , kegiatan sosialisasi ini didasari kewajiban pelaporan pemanfaatan pasar ikan bersih yang harus disampaikan secara berkala kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI sebagai bagian dari tanggung jawab daerah menerima Bantuan Pemerintah. Selain itu lebih lanjut disampaikan sejak pasar ikan bersih diresmikan kembali pemanfaatannya oleh Bupati akhir tahun lalu pemanfaatannya belum maksimal.

” Berbagai lapak di pasar ikan bersih belum maksimal terisi, dari 40 lapak dimana 20 lapak diperuntukkan untuk sayur, sembako dan bahan lainnya sedangkan 20 lapak khusus untuk ikan. Namun hasil pemantauan baru terdapat lima lapak yang dimanfaatkan, ” jelasnya.

Menurut Ufa , ada beberapa bantuan yang bisa diintervensi ke masyarakat namun harus ada progres yang dapat ditunjukkan ke kementerian karena ini merupakan bantuan pemerintah. Lebih lanjut lagi disampaikan Jika ikan dijual tidak pada tempatnya maka kualitas atau mutunya akan menurun, ” ucapnya.

Ditempat yang sama Penjabat Bupati Buru menjelaskan bahwa , dalam rangka pembinaan mutu perikanan, sangat diharapkan produk hasil perikanan bisa bernilai serta pemanfaatan Pasar Ikan Bersih yang sudah diresmikan agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

” Kami berharap Pasar Ikan Bersih ini akan mampu memberikan dukungan terhadap perekonomian masyarakat , ” tandasnya.

Dijelaskan Bupati , sistim perdagangan yang selama ini dilakukan oleh masyarakat dengan memasarkan ikannya ditepi jalan, supaya diakhiri dan semuanya harus didorong untuk berjualan ke dalam pasar. Harus disadari bahwa Desa Jikumerasa adalah Desa Wisata sehingga kebersihan dan kenyamanan desa menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Pasar Ikan Bersih Desa Jikumerasa dapat menjadi pasar regional untuk Kecamatan Lilialy, dimana ikan yang diperoleh dari sumber produksi nelayan akan dapat dijual pada pasar tersebut, kalau saat ini menjadi pasar mingguan kedepan harus menjadi pasar harian, pungkasnya. U.Bth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *